Komponen Penggerak pada Off Highway Truck
Tenaga
penggerak Off Highway Truck diperoleh dari engine yang ditransmisikan
menuju torque converter, transmisi, transfer gear, differential, final
drive dan ban. Pada off highway truck yang terbaru sudah menggunakan
sistem kontrol secara elektronik dengan tingkat kehandalan yang tinggi
dan pengontrolan yang lebih presisi. Komponen-komponen utama sistem
penggerak pada offhighway truck adalah :
- Engine, Engine merupakan komponen penghasil tenaga sesuai dengan beban yang diterima oleh machine. Berbagai jenis engine dipasang pada off highway truck Caterpillar mulai dari 53 – 1600 horsepower dengan berbagai teknologi engine yang dipergunakan, mulai dari mechanical hingga electronic engine.
- Torque Converter, Tenaga dari engine kemudian diteruskan ke torque converter. Torque converter merupakan komponen yang berfungsi melipatgandakan torsi sehingga putaran engine dapat dirubah menjadi torsi yang tinggi untuk melakukan kerja.
- Transmisi, Dari torque converter tenaga diteruskan ke transmisi. Transmisi merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur kecepatan, torsi dan arah putaran.
- Axle, Tenaga diteruskan dan dikontrol dari transmisi menuju masing-masing roda menggunakan mekanisme bevel gear, differential, brake dan final drive yang terdapat dalam suatu komponen yang disebut axle.
- Brake, Brake merupakan sistem yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan pergerakan machine.
- Final Drive, Final drive merupakan komponen penerus tenaga akhir menuju ke roda. Final drive dapat menurunkan kecepatan dan peningkatan torsi.
- Rim & Tyre, Dari final drive tenaga dipindahkan ke roda (tyre) melalui mekanisme Rim merupakan komponen penyangga roda (tyre) dengan susunan seperti pada gambar diatas.
System Hydraulic pada Off Highway Truck
System
hydraulic terdiri dari sejumlah komponen yang bekerjasama untuk
menghasilkan kerja. Pada off highway truck, system hydraulic digunakan
untuk mengangkat dan menurunkan dump body. Komponen yang bekerjasama
untuk melakukan kerja adalah :
- a. Engine, Engine menghasilkan energi mekanis yang selanjutnya diteruskan menuju pompa hydraulic.
- b. Pompa Hydraulic, Pompa hydraulic pump mengubah energi mekanis dari engine menjadi energi fluida dengan menghasilkan aliran fluida atau oil menuju system hydraulic.
- c. Control Valve, Control valve merupakan komponen yang mengatur jumlah dan arah aliran yang akan menuju hydraulic cylinder.
- d. Hoist Cylinder, Hydraulic cylinder mengubah energy fluida menjadi energi mekanis yang menggerakkan sepasang hoist cylinder untuk menaikkan dan menurunkan dump body saat pembuangan muatan. Disamping itu sepasang hydraulic cylinder lainnya terpasang pada kedua roda depan untuk membelokkan machine kekiri dan kekanan.
No comments:
Post a Comment